:: Kali Baru ; Kering & Berbau

Sejak beberapa minggu ini, Kali Baru di dekat tempat tinggal kami yang membentang dan mengalirkan air dari Bogor hingga ke Kali Krukut dan Ciliwung Jakarta kering dan berbau tinja.

Sungai ini kering katanya karena di daerah hulunya , di wilayah Pabuaran, ada tanggul yang jebol yang harus diperbaiki.

Sungai kering sih mungkin sudah biasa terjadi di musim kemarau seperti ini. Yang tidak tahan ya baunya itu…, terutama bau tinja yang menyebar lewat angin yang cukup kencang, terutama saat dini hari ketika orang berduyun-duyun untuk menunaikan shalat subuh di masjid terdekat. Waduh… pokoknya sangat menyengat dan tajam deh.

Dari sungai yang kering dan berbau ini terlihat kebiasaan-kebiasaan yang terjadi di masyarakat kita yang kayaknya masih harus terus dibenahi, mulai dari cara mengelola sungai, mendirikan bangunan di pinggiran sungai, membuang tinja dan limbah rumah tangga lainnya.

Tapi dengar-dengar, katanya tak lama lagi di sebagian pinggiran sungai itu akan dibuat penghijauan. Benar nggak nih … ?

1 Response so far »

  1. 1

    yanaalisa said,

    saya penasaran nih. saya ngekos di daerah jatinegara, jakarta timur. nah tepat di depan kosan saya itu ada kali yang namanya kali baru ada juga orang yang menyebutnya kali bening. setelah saya googling, kali baru maupun kali bening itu bukan kali yang ada di depan kosan saya. saya jadi penasaran apa kali di depan kosan saya itu bagian dari kali ciliwung ato bukan…

    mungkin Anda tahu rincian aliran kali baru yang Anda ceritakan di postingan ini? saya benar-benar ingin tahu.
    terima kasih

    ::> yanaalisa
    Kayaknya perlu ditelusuri sampai ujungnya nih…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

