:: Dipo KRL Depok

Berbanggalah menjadi warga kota Depok. Kota ini punya berbagai keunggulan yang tidak dipunyai kota lain. Depok punya universitas yang paling bergengsi di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI), Depok juga punya masjid yang paling megah di Indonesia, yaitu Masjid Kubah Mas Dian Almahri. Dan satu lagi, Depok juga punya dipo perawatan kereta api listrik (KRL) yang paling besar di Asia Tenggara, yang terletak di Kelurahan Ratujaya, Pancoranmas.

Dipo KRL Depok

Dipo KRL yang mempunyai panjang 1,3 km dan lebar 200 meter ini menempati lahan seluas 26 hektar. Semua KRL yang beroperasi di Jabodetabek di rawat di dipo yang pengoperasiannya diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 22 Januari 2008 ini. Pembangunan fasilitas ini seluruhnya menelan biaya sebesar Rp 504 miliar, berasal dari APBN dan pinjaman pemerintah Jepang, melalui Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

dipo2

Dipo ini mempunyai 14 stabling track (parkir) untuk 224 unit KRL, dua jalur pemeliharaan bulanan, satu jalur pemeliharaan tahunan, dua jalur pemeliharaan harian, satu jalur pemeriksaan tak terjadwal, tiga jalur pembentukan formasi kereta, dan dua jalur cuci besar. Kompleks dipo juga dilengkapi 30 kamar mess masinis dengan 120 tempat tidur.

dipo3

Dipo yang berada sekitar 1 km dari Stasiun KA Depok Lama ini juga memiliki fasilitas perbaikan berteknologi canggih, seperti reprofiling roda (pembubutan). Selain itu terdapat pengolahan limbah air pencucian kereta, pembakaran sampah kereta, rumah sinyal, drainase, masjid, dan jembatan penyeberangan orang (overpass). Kontraktor pembangunan dipo adalah joint operation antara Mitsubishi Heavy Industries, Hitachi Plant Engineering and Construction, PT Wijaya Karya, dan Sumitomo Corporation.

dipo4

Kita berharap, keberadaan dipo ini punya nilai tambah tersendiri bagi semua pihak yang terlibat. Bagi pihak PT KA sendiri, bagi warga sekitar dan juga bagi kita semua para pelanggan setia KRL.

Mudah-mudahan dengan fasilitas yang cukup canggih dan lengkap ini , masalah kelambatan KRL bisa teratasi. Ini sangat penting, karena setiap harinya ribuan warga Bogor dan Depok sangat tergantung dengan kelancaran dan ketepatan waktu dari KRL ini. Semoga !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: