:: Rakyat Depok Mencari Pemimpin Baru

Tanggal 16 Oktober 2010 ini, rakyat Depok mempunyai sebuah hajatan besar yaitu pemilihan umum kepala daerah (Pilkada). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok telah mengumumkan empat pasang calon yang lolos dalam Pilkada tersebut, masing-masing ;  Yuyun Wirasaputra – Pradi Supriatna (Yudistira), Nur Mahmudi Ismail – Idris Abdul Shomad (Nur Berkhidmad) dan Badrul Kamal – Agus Suprianto (BK-Pri) yang diusung dari partai. Ditambah satu pasangan dari jalur independen yaitu Gagah Sunu Sumantri – Derry Drajat (Gagah – Derry).

(gambar http://tribunekompaseonline.blogspot.com/)

Kita berharap pilkada kali ini dapat berlangsung dalam suasana yang kondusif, aman dan kalau toh ada sedikit gesekan hanya merupakan bumbu penyedap dalam pelaksanaan demokrasi secara langsung tersebut. Pilkada periode yang lalu mudah-mudahan menjadi pelajaran bagi kita semua dan tidak akan terulang lagi pada pilkada kali ini.

Sebagai rakyat, selama ini kita banyak menuntut bahwa pemimpin kita harus punya ini punya itu, harus seperti ini harus seperti itu.  Kita sering lupa bahwa sesungguhnya pemimpin itu adalah cerminan dari rakyat yang dipimpinnya. Pemimpin yang baik hanya akan lahir dari rakyat yang baik, mustahil pimpinan yang baik lahir dari rakyat yang tidak baik. Sebuah pepatah Arab mengatakan “A’malukum ummalukum”, perbuatanmu adalah penguasamu.

Seorang ulama hadits, Maulana Zakariyya Kandahlawi, banyak membahas masalah kepemimpinan ini adalah buku beliau “Politik Islam”. Pada suatu kali, di hadapan seorang saleh, seseorang mengutuk Hajjaj bin Yusuf, seorang penzalim besar. Orang saleh itu berkata, “Jangan lakukan perbuatan itu. Apa yang terjadi pada saat ini adalah karena perbuatanmu sendiri. Aku takut apabila Hajjaj dipecat dari jabatannya atau mati, monyet dan babi akan dijadikan penguasa untukmu.”

Beliau juga  menukil sebuah riwayat dari Umar bin Khatab RA, suatu kali Umar RA berkata, “Aku telah diberitahu bahwa baik Nabi Musa AS dan Nabi Isa AS pernah bertanya kepada Allah SWT, ‘Apakah tanda keridhaan Allah SWT pada umat ini ?’, Allah SWT menjawab, ‘Tandanya umat adalah pada saat mereka menyemai benih di ladang, Aku mengirimkan hujan dan pada saat panen, Aku menahan hujan. Urusan pemerintahan mereka Aku serahkan di tangan orang-orang yang berhati lembut dan urusan harta benda Aku serahkan pada orang yang dermawan.’ Kemudian mereka bertanya, ‘dan apakah tanda keridhaan-Mu terhadap umat ini ?’ Allah SWT menjawab, ‘Tandanya adalah bahwa pada saat menyemai benih di ladang, Aku menahan hujan dan pada saat menyemai benih di ladang, Aku menahan hujan dan pada saat panen aku mengirimkan hujan lebat. Urusan pemerintahan Aku serahkan di tangan orang-orang jahil dan urusan harta benda Aku serahkan kepada orang yang kikir.’”

Dalam sebuah hadits lain dikatakan, “Apabila Allah SWT menghendaki kebaikan pada suatu kaum. Dia akan menurunkan penguasa yang bijak ke atas mereka, dan ulama yang menghakimi pekara mereka (dengan adil dan dengan ilmu). Dan harta benda mereka berada di tangan orang-orang yang dermawan (sehingga semua orang memperoleh manfaat dari kedermawanan mereka). Dan apabila Allah SWT menghendaki keburukan pada suatu kaum (karena kezaliman mereka), Dia akan menurunkan penguasa yang jahil ke atas mereka dan orang-orang yang jahil akan menghakimi perkara mereka dan harta benda mereka berada di tangan orang-orang yang kikir.

Maka, berkaitan dengan pilkada Depok kali ini, sembari kita berusaha dan berdoa untuk bisa mendapatkan pemimpin terbaik, mari tak lupa kita terus berusaha memperbaiki diri kita masing-masing. Satu-satunya jalan untuk mendapatkan seorang pemimpin yang baik adalah bagaimana diri kita masing-masing, secara individu dan kemudian secara kolektif sebagai anggota masyarakat menjadi individu dan anggota masyarakat yang baik. Dengan cara ini,  insyaallah Allah SWT akan memilihkan seorang pemimpin yang terbaik buat kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: