:: Jamaah Haji Depok 1434 H

Jumlah jamaah haji regular Kota Depok untuk tahun 2013 ini sebanyak 1543 orang.  Dari tahun ke tahun, dalam pengamatan saya, jumlah kuota haji Depok kelihatannya terus menurun. Tahun 2010 jumlahnya masih diatas 1800-an, tahun 2011 turun menjadi sekitar 1700-an dan tahun 2012 turun lagi sekitar 1600-an. Saya tidak tahu bagaimana cara menghitung kuota tersebut, yang jelas Departemen Agama tentu sudah punya rumus sendiri.

manasik

Untuk jamaah yang berangkat tahun 2013 ini, pelatihan manasik haji yang diselenggarakan oleh Departemen Agama sudah dimulai dilaksanakan pada tanggal 01 Juni 2013 lalu. Pelatihan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Depok, Bapak Idris Abdul Shomad, bertempat di Masjid Baitul Kamal di Komplek Kantor Walikota Depok. Rencananya akan belangsung selama 10 kali. 3 kali tingkat kodya dan 7 kali di tingkat kecamatan.

Pelatihan manasik ini diikuti oleh para calon jamaah haji mandiri yang tidak ikut dalam bimbingan haji yang diselenggarakan oleh KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji). Calon jamaah haji yang ikut KBIH, umumnya sudah mengikuti  pelatihan manasik di KBIH. Di KBIH juga dibentuk regu dan rombongan tersendiri.

Insyaallah tahun ini saya bersama istri ikut berangkat haji. Alhamdulillah, antrian untuk kami tidak terlalu lama. Kami mendapat nomor porsi haji pada bulan maret 2010, waktu itu setoran pertamanya masih 20 juta rupiah. Setelah itu, setoran pertamanya sudah naik menjadi 25 juta rupiah dan orang yang mendaftar jumlahnya semakin banyak.

Menurut informasi dari pejabat Kantor depag Depok, mereka yang mnedaftar bulan ini, harus menunggu pemberangkatannya sampai tahun 2022. Alamak lama banget….

Sebenarnya, saya dan istri berharap bisa berangkat tahun kemarin, tetapi ternyata tahun kemarin nama kami belum ada. Mudah-mudahan tahun ini kami dan seluruh jamaah bisa berangkat dengan lancar, segalanya diberi kemudahan dan yang terpenting bisa menjadi yang mabrur.

manasik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: